KEPEMIMPINAN
v   Pemimpin
Mungkin sudah biasa bagi kita mendengar kata ‘Pemimpin’. Para ahli mempunyai pendapat masing-masing tentang definisi pemimpin itu sendiri. Jika saya definsikan menurut kata-kata saya sendiri,pemimpin adalah seseorang yang berhak atau berwenang dan dipercaya memimpin suatu organisasi, perusahaan,atau pemerintahan dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan yang jelas. Pemimpin sangat dibutuhkan dalam kehidupan bernegara,tanpa adanya pemimpin,suatu negara tidak akan terbentuk. Karakter suatu pemimpin haruslah jujur,berani,tegas,adil,cakap,berintegritas,bijaksana,cerdas,dan sehat. Tanpa adanya sembilan karakter di atas,seseorang tidak dapat disebut sebagai pemimpin. Menjadi pemimpin bukanlah suatu hal yang mudah dan dapat dilakukan oleh kebanyakan orang. Tanggung jawab seorang pemimpin sangatlah besar,maka dari itu,tugas seorang pemimpin tidak dapat dibebankan ke orang yang tidak memiliki ke sembilan karakter tersebut. Karena itu,sudah seharusnya ditanamkan sembilan karakter pemimpin tersebut sedini mungkin.
Seorang pemimpin harus memperhatikan bawahannya atau rakyatnya secara adil dan merata,sehingga mencakup ke semuanya. Sejak dulu gelar ‘pemimpin’ selalu diberikan kepada seorang pria. Sedangkan untuk wanita,sebenarnya tidak boleh memimpin suatu negara,kaum,organisasi atau perusahaan. Karena karakter-karakter tadi sepenuhnya di miliki seorang pria. Wanita sangat tidak dianjurkan menjadi pemimpin jika ada laki-laki yang lebih berhak.
Tentu saja untuk menjadi seorang pemimpin,harus memiliki rakyat,kaum atau bawahan yang mempercayainya. Jika tidak ada unsur tersebut,seseorang tidak  dapat disebut seorang pemimpin.dan sudah pasti,menjadi seseorang yang bergelar ‘pemimpin’ atau ‘pimpinan’ tidaklah mudah.
Seorang pemimpin juga harus bisa dipercaya oleh bawahannya,tidak banyak orang yang bisa mempercayai seseorang menjadi pemimpin yang akan memimpin mereka. Karena hal itu, pemimpin harus bisa menumbuhkan kepercayaan terhadap dirinya kepada bawahan,kaum,umat atau rakyatnya.
v Kekuasaan
Pemimpin memiliki kekuasaan untuk memimpin rakyat,kaum,umat,atau bawahannya dalam mencapai tujuan tertentu. Tentu saja tujuannya itu harus jelas. Dan arti sebuah ‘kekuasaan’ saya definisikan sebagai suatu hal yang diberikan oleh orang lain kepada seorang pemimpin untuk melakukan suatu cara dalam mencapai tujuannya, atau kemampuan seorang pemimpin  yang diberi kuasa penuh oleh bawahan,umat,kaum,atau rakyatnya dengan caranya sendiri demi kepentingan semua orang.
Seorang pemimpin juga harus memiliki kekuasaan untuk memimpin. Jadi jika disimpulkan kekuasaan merupakan hal yang penting dalam kehidupan bernegara, berorganisasi, atau dalam suatu perusahaan yang harus dimiliki pimpinannya.

v Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kemampuan atau sifat yang dimiliki seorang pemimpin dalam memberikan motivasi atau arahan untuk mendapatkan kepercayaan bawahan,umat,kaum,atau rakyatnya dan mempengaruhi mereka untuk mencapai tujuan dengan visi dan misi yang sudah dibuat.
Sifat Kepemimpinan seorang pemimpin mencakup beberapa hal, yaitu cerdas dalam memberi motivasi orang lain,bersikap dewasa layaknya seorang pemimpin,dan memiliki hubungan yang baik dengan orang lain dan tentu saja berhubungan baik dengan bawahan,umat,kaum, atau rakyatnya sendiri.
Dalam hal kepemimpinan,visi dan misi dibuat berdasarkan hal yang akan dicapai. Seperti contohnya organisasi GAFATAR yang memiliki visi dan misi untuk mencapai tujuan organisasi sebagai berikut:
Visi :
Terwujudnya tata kehidupan masyarakat yang damai masyarakat, bangsa,dan negara yang damai sejahtera,beradab,berkeadilan, dan bermartabat di bawah bimbingan Tuhan Yang Maha Esa melalui penyatuan nilai-nilai luhur bangsa, peningkatan kualitas ilmu dan intelektualitas,serta pemahaman dan pengamalan nilai-nilai universal agar menjadi rakhmat bagi Semesta Alam.
Misi :
Memperkuat solidaritas,kebersamaan,persatuan dan kesatuan khususnya antar sesama elemen bangsa Indonesia serta dunia pada umumnya. Selain itu, juga memupuk saling kerjasama antar sesama lembaga yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap upaya perdamaian dan kesejahteraan dunia.
Visi dan misi organisasi GAFATAR diatas merupakan contoh yang saya ambil, dalam mencapai visi dan misi tersebut, semua anggota harus berkorban penuh, termasuk harta,jiwa dan raga mereka. 
Maka dari itu, sifat kepemimpinan sangat penting dalam meyakinkan para anggotanya untuk mencapai visi dan misi atau tujuan yang telah dibuat oleh pimpinannya. Sifat kepemimpinan hanya bisa dimiliki dengan pengabdian khusus terhadap suatu negara,organisasi, atau perusahaan berdasarkan ilmu-ilmu Tuhan Yang Maha Esa.
Namun, saat ini para pemimpin di negara kita tidak mencerminkan ke 9 karakter tersebut. Yang mereka pikirkan hanya menjadi seorang tokoh yang dihormati dan dipatuhi,serta uang yang mereka dapatkan. Dengan pemimpin-pemimpin negara seperti itu negara ini bukan lagi di ambang kehancuran,tetapi sudah benar-benar hancur. Begitu juga rakyat yang tidak patuh hukum dan selalu menciptakan keributan untuk menunjukkan rasa kekecewaan mereka terhadap para pemimpin saat ini. Dengan karakter manusia seperti itu,sangat mudah bagi negara lain untuk menghancurkan negara ini. Berdasarkan latar belakang tersebut, kita harus melahirkan generasi baru dengan karakter-karakter pemimpin serta sifat kepemimpinan untuk menciptakan suatu generasi yang cemerlang.












                                                                        







Comments (0)